Halo iMerspreneur.
Kesempatan ini kita akan bahasa mengenai WhatsApp Marketing Sebagai Sarana Bisnis Anda. Di zaman yang serba digital ini tentunya semua orang sudah mengetahui apa itu WhatsApp dan bagaimana mengoperasikannya.

WhatsApp sendiri memiliki pengertian aplikasi massanger atau chat yang bisa diunduh secara gratis di internet untuk dipasang di ponsel pintar dan untuk pengoperasiannya harus dihubungkan ke internet atau paket data lainnya.

Biasanya orang-orang hanya menganggap jika WhatsApp hanya berfungsi sebagai alat komunikasi secara online yang hanya sebatas untuk bertukar informasi saja, padahal terdapat fungsi lainnya yang juga amat penting.

Fungsi lain tersebut sering kali dinamakan sebagai WhatsApp marketing, yakni bisa juga digunakan sebagai sarana bisnis.

WhatsApp bussines atau marketing adalah sebutan bagi layanan jasa bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media untuk memasarkan produknya sekaligus alat komunikasinya juga.

Strategi marketing menggunakan WhatsApp memang masih terbilang baru, namun media kreatif tersebut dapat mewadahi segala kebutuhan Anda secara praktis dan mudah.

Apalagi cara penggunaan WhatsApp sangatlah mudah, bahkan semua kalangan termasuk para orang tua pun juga mahir dalam mengoperasikannya.

Mengapa Harus Menggunakan WhatsApp Marketing?

Tak dapat dipungkiri jika WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak penggunanya, bahkan bisa dikatakan jika semua orang memiliki aplikasi tersebut.

Hal tersebut karena aplikasi tersebut sangat praktis dan yang terpenting tidak banyak menyedot paket data.

WhatsApp tidak seperti aplikasi lainnya yang untuk pendaftaran akunnya saja sangat susah, karena aplikasi tersebut hanya membutuhkan akses berupa nomor telepon saja agar bisa digunakan.

Selain itu, ukuran aplikasinya yang tidak terlalu besar dan compatible hampir untuk semua merek hp membuat WhatsApp paling banyak untuk diunduh.

Selain karena alasan sudah banyak yang menggunakan aplikasi tersebut, WhatsApp marketing bisa menjadi sarana yang fresh untuk Anda memulai usaha.

Apalagi jika menggunakan aplikasi WhatsApp tidak membutuhkan merogoh kocek yang banyak, bahkan pengunduhannya juga gratis.

Yang terpenting Anda harus menyiapkan paket data setiap harinya. Tak hanya itu, aplikasi tersebut tidak hanya bisa dioperasikan melalui hp saja, melainkan juga bisa menggunakan leptop, sehingga Anda akan lebih leluasa dalam mengatur produk.Tips

Tips Menggunakan WhatsApp Marketing

Ada sedikit perbedaan antara aplikasi WhatsApp biasa dengan WhatsApp marketing, meskipun sebenarnya prinsip pengoperasiannya sama, jadi Anda perlu memilikinya dengan cara mengunduh di Play Store.

  1. Mendaftar Akun WhatsApp Business
    Seperti halnya WhatsApp yang biasanya, business juga membutuhkan akses nomor telepon agar bisa digunakan. Lebih baik menggunakan nomor khusus untuk aplikasi business ini, sebab dengan membedakan nomor WhatsApp personal dan business tidak akan membuat Anda bingung dalam menjalankannya.
  2. Mengubah Profil Bisnis
    Tentunya jika sudah bisa masuk ke dalam aplikasinya Anda harus membuat deskripsi yang sesuai dengan bisnis Anda. mulai dari nama perusahaan, lokasi toko atau kantor, foto, kategori, dan juga situs web. Jika sudah mengatur semua hal tersebut Anda bisa menyimpannya agar tidak hilang.
  3. Membuat Away Massage
    Away massage merupakan fitur yang sangat membantu pelaku bisnis untuk tetap terhubung ke konsumen meskipun layanan sedang ditutup, yakni dengan jawaban otomatis yang akan diberikan pada pelanggan yang mengirim pesan. Caranya adalah buka menu setting lalu pilih business setting dan kemudian aktifkan tanda centang untuk fitur away massage. Anda bisa membuat sendiri kalimat balasan yang sesuai dengan perusahaan/toko yang dimiliki.
  4. Membuat Greeting Massage
    Selain away massage, fitur greeting massage juga sangat membantu pengelola bisnis untuk menjalin hubungan komunikasi yang lebih harmonis dengan pelanggan. Fitur ini akan secara otomatis mengirimkan pesan kepada pelanggan yang sudah 14 hari tanpa adanya kontak dengan akun Anda. cara mengaktifkannya adalah dengan membuka pengaturan, lalu pilih business setting kemudian klik centang greeting massage. Sama seperti away massage, Anda juga bisa menulis sendiri pesan jawaban tersebut.
  5. Membuat Pesan Broadcast
    Pesan Broadcast adalah fitur yang tidak boleh disia-siakan dalam WhatsApp marketing, karena pesan broadcast ini sangatlah penting untuk menunjang bisnis Anda. Membuat pesan ini sangat mudah, hanya perlu mentap tombol new broadcast kemudian tandai semua kontak yang ingin dikirimi pesan.Tidak ada batas maksimal kontak yang bisa dikirimi sehingga Anda bebas mengirimkannya dalam jumlah berapapun. Yang terpenting adalah, pastikan pesan Anda tersebut menarik sehingga pelanggan tertarik untuk membacanya, sebab jika tidak menarik biasanya pelanggan hanya membuka pesan tersebut tanpa membacanya.

lupa

Ini yang sering dilupakan oleh para Pebisnis Online

Anda atau mungkin Customer Service hanya berinteraksi dengan Pelanggan yang butuh Supporting, entah Komplain atau bertanya terkait hal-hal yang berhubungan dengan Produk atau Branding Anda.

Tapi, ada satu hal yang paling penting yang seharusnya Anda lakukan..

MENYAPA PELANGGAN!

Itulah mengapa Anda harus bisa mengelola pesan yang masuk dengan baik, agar setiap Pelanggan yang Chat, bisa Anda pelajari kebiasaannya…

Sehingga, setiap saat Anda bisa bertanya terkait permasalahannya, kesulitannya bahkan mungkin hanya sekedar bertanya kabar tentang Produk Anda yang mereka gunakan.

Sebagian Perusahaan Besar malah sering mengirimkan ucapan Selamat Ulang Tahun, atau Ucapan Hari Raya kepada Customer/Pelanggannya, karena mereka mengetahui Profile dari setiap Pelanggan yang mereka miliki.

Nah, Anda bisa menerapkan hal ini juga melalui Whatsapp

Tentunya, Anda harus memiliki data mereka terlebih dahulu dari Nama, Alamat, Agama hingga tanggal lahir mereka agar bisa Anda sapa saat mereka merayakan hari-hari tertentu yang mereka Anggap Istimewa.

Kebayang kan, gimana rasanya saat Anda menerima ucapan Selamat Ulang Tahun dari Sahabat Anda?

Pelanggan pun akan merasakan hal yang sama seperti itu, sehingga Kedekatan bukan hanya terjadi karena Transaksi semata,

tetapi juga Emosional yang nantinya akan berdampak pada Repeat Order Produk Anda.. hehehe

Tapi, yang jadi permasalahan adalah cara mengirimkan pesan-pesan tersebut ke para Customer atau Pelanggan Anda…

Mungkin jika Anda baru memiliki 10 – 20 Pelanggan, hal ini tidak terlalu merepotkan Customer Service Anda dalam menyapanya..

Bagaimana jika Pelanggan Anda sudah Ratusan?

Ribuan?

bakal kriting jari-jari Customer Service Anda untuk menyapanya..

belum lagi, jika harus mengetikkan manual Nama dan mungkin tanggal Ulang Tahun Pelanggan Anda, bakal SANGAT MEREPOTKAN!

Tapi, Anda tidak perlu khawatir, apalagi panik dengan itu..

Sekarang ada sebuah Aplikasi yang dapat meringankan Kerja CS Anda dalam mengelola Pesan Whatsapp..

Anda bisa mengirimkan Sapaan ke Seluruh Pelanggan Anda, tidak perduli jumlahnya 100an atau bahkan Ribuan Nomor…

Dengan Aplikasi ini, Anda cukup mengaturnya sekali saja, lalu secara otomatis Aplikasinya akan mengirimkan pesan-pesan secara PERSONAL ke masing-masing Pelanggan..

Tentu dengan menyapa Nama mereka..

Aplikasi tersebut adalah WBSPro.
WBSPRO v2 ini adalah versi terbaru dari yang sebelumnya dirilis pada tanggal 29 November 2019 yang lalu..

Dan Alhamdulillah, sampai saat ini total sudah 3.500+ yang menggunakan tools ini, dari Internet Marketer, Sales Marketing, Lembaga Sosial, Finance dan masih banyak lagi.

Apa itu WBSPro ini, lihat selengkapnya disini >> WBSpro

 

Semoga Bermanfaat
Salam.

Leave a Reply

Email Anda tidak akan di publikasi Required fields are marked *