Digital marketing adalah bentuk pemasaran yang memanfaatkan berbagai media di internet. Seperti Facebook, Instagram, YouTube, Website, Blog, Google Ads dan lain sebagainya. Pemasaran digital akan membantu pemilik bisnis menemukan calon konsumen dalam skala lebih besar. Bagi Anda yang masih awam, sebaiknya memahami beberapa manfaat digital marketing bagi UMKM berikut ini.

Usaha Mikro Kecil Menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. (sumber : Wikipedie.org)

UMKM yang sedang berproses mengembangkan usahanya, sebaiknya tidak hanya terpaku pada pemasaran konvensional. Sebab, kita sudah memasuki era digital yang berkembang pesat, sudah saatnya UMKM go Online dan memikirkan bagaimana strategi pemasaran digital.

Setiap harinya, internet diakses oleh jutaan orang dan tidak pernah sepi. Oleh sebab itu, internet sangat baik menjadi media untuk promosi.

Perkembangan Pengguna Internet di Indonesia

Menurut riset platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk” Global Digital Reports 2020″, nyaris 64 persen penduduk Indonesia telah terkoneksi dengan jaringan internet.

Riset yang dirilis pada akhir Januari 2020 itu menyebutkan, jumlah penguna internet di Indonesia sudah mencapai 175, 4 juta orang, sementara total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272, 1 juta. Dibanding tahun 2019 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia bertambah kurang lebih 17 persen alias 25 juta pengguna (dikutip dari : Kumparan)

Statistik Pengguna Internet Indonesia 2020

 

Sebuah market yang sangat besar untuk Anda yang ingin tejun dan memasarkan produk secara online.

Lantas apa saja manfaat digital marketing bagi UMKM seperti Anda?

Kami telah rangkum 4 manfaat yang menguntungkan Anda ketika go online, simak selengkapnya…

 

Inilah 4 Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM yang Menguntungkan

1. Memudahkan Edukasi Produk

Marketing adalah proses pengenalan produk kepada calon konsumen. Di tahap ini, Anda memperkenalkan value dari produk yang dijual. Manfaat apa yang diperoleh konsumen jika membeli produk tersebut. Ketika value berhasil disampaikan dengan jelas, konsumen pasti tidak mempermasalahkan harga.

Produk Digital

Berkat adanya internet, pebisnis bisa lebih mudah menyampaikan value atau manfaat dari produk yang dijual. Yaitu mengemasnya dalam bentuk konten.

Konten yang dibuat bisa beragam, baik berbentuk video ataupun tulisan. Sebagai contoh, Anda menjual sabun pemutih wajah. Nah, buatlah konten yang relevan dengan produk tadi. Seperti cara mengatasi wajah kusam, tips memutihkan wajah dengan cepat, dan lain sebagainya.

Kemudian dibuatlah video YouTube, tulisan Blog, status Facebook, foto Instagram, dan lain-lain. Jika merasa tidak mampu membuat konten sendiri, maka bisa menghubungi influencer di masing-masing platform.

Anda bisa gunakan template desain produk yang membuat produk anda lebih menarik dan menambah nilai jual, seperti MOSLEM PEDIA jika anda menjual produk-produk bernuasa muslim ataupun mengadakan promo di hari-hari besar muslim, anda bisa menggunakan desain-desain yang sudah disediakan lebih dari 500 desain.  Lihat selengkapnya disini

Semakin banyak orang yang mengetahui manfaat produk Anda, potensi penjualan pasti ikut meningkat. Konsumen menjadi lebih yakin untuk membeli produk, karena sudah mengetahui jelas value yang diperoleh.

 

2. Biaya Promosi Lebih Hemat

Di internet, Anda bahkan bisa melakukan promosi secara gratis. Yaitu memanfaatkan akun sosial media personal dan website. Konsekuensinya adalah membutuhkan waktu cukup lama dan biaya yang besar jika membuatnya sendiri dari nol,

Tapi, tak perlu khawatir anda bisa saja menggunakan jasa pembuat toko online  dengan waktu dan biaya lebih terjangkau, hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 850.000 sampai Rp 3.500.000 saja anda sudah mendapatkan toko online yang bagus. silahkan hubungi kami jika membutuhkan. 😀

Anda pun bisa saja menggunakan yang gratisan, seperti menggunakan blogspot. dan menggunakan platfom sosial media lainnya, tentu saja anda harus belajar algoritma Instagram, Facebook, YouTube dan SEO Google supaya pemasaran digital berhasil meningkatkan profit penjualan.

Hemat Promosi

Nah, ada juga metode berbayar dengan memanfaatkan iklan. Baik itu iklan di Facebook, Instagram dan Google. Biayanya bisa dibilang terjangkau, karena jangkauannya luas. Dibandingkan menggunakan pamflet, brosur, spanduk dan sejenisnya yang hanya dilihat oleh orang di sekitar.

Bagi UMKM, menghemat pengeluaran menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Tanpa perlu membayar mahal, Anda sudah bisa memaksimalkan promosi untuk dilihat banyak orang.

 

3. Bersaing Dengan Kompetitor

Manfaat digital marketing untuk bisnis sudah dirasakan oleh banyak pengusaha, khususnya dalam bebera tahun terakhir. Mereka melihat perkembangan yang cukup signifikan setelah menggunakan media-media di internet.

Jika kurang percaya, coba cek berapa banyak peserta digital marketing course yang rutin diadakan setiap beberapa bulan sekali. Pesertanya selalu membludak dan ini fakta di lapangan.

Sekarang cek kompetitor bisnis Anda, pasti mereka sudah gencar promosi di sosmed, website, dan YouTube. Agar semakin tidak ketinggalan, sudah saatnya mulai belajar digital marketing.

 

4. Target Konsumen yang Tidak Terbatas

Internet adalah taman bermain bagi pengguna smartphone, disamping fungsinya sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan dan pekerjaan. Selama gadget masih laku dipasaran, internet tidak akan pernah kehabisan pengunjung.

Di Indonesia, jutaan orang setiap harinya selalu mengakses YouTube, Google, Facebook, Instagram dan sebagainya dengan tujuan masing-masing.

Target Konsumen

Nah, pengguna internet yang mencapai jutaan orang ini dan terus bertambah seiring berjalannya waktu, sangat ideal untuk melakukan promosi produk anda. Ini akan membuat Anda bisa bersaing dengan perusahaan besar, meski usaha masih berskala UMKM.

Internet memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh pemilik usaha, tinggal bagaimana Anda memaksimalkan potensi yang ada.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai empat manfaat digital marketing bagi UMKM,

Semoga bermanfaat.

 

Apa Tanggapan Anda?

Email Anda tidak akan di publikasi. Wajib diisi *