Ide Bisnis Online Menjanjikan

Tahun baru biasanya berarti resolusi atau cita-cita yang baru. Dan di tahun 2021 kali ini, tak sedikit orang yang juga memiliki cita-cita untuk memulai bisnisnya sendiri, termasuk kamu. Apalagi, sekarang kamu tak perlu lagi merasa khawatir untuk merintis usahamu sendiri hanya karena kamu masih muda atau belum punya banyak pengalaman. Soalnya, sekarang ada banyak peluang bisnis online yang bisa dimulai oleh siapa saja, tak peduli usia atau status pendidikannya!

Kalau begitu, apa saja ya ide bisnis online yang bisa kamu coba ketika kamu akhirnya mulai merintis usahamu sendiri di tahun 2021 ini? Simak daftarnya berikut ini, yuk! Siapa tahu kamu terinspirasi oleh salah satu ide berikut ini, lho!

Ide Peluang Bisnis Online Tahun 2021

  1. Kursus online.
    Apakah kamu punya keahlian di bidang tertentu? Atau malah keahlianmu juga sudah dibuktikan lewat sertifikasi? Kalau iya, kamu bisa mulai bisnis kursus online dengan cara menjual keahlian khusus yang kamu punya tersebut, lho!

    Apalagi, kursus online pada dasarnya jauh lebih mudah dan praktis untuk dijalankan, serta membutuhkan modal yang jauh lebih kecil dibandingkan kursus offline pada umumnya. Soalnya, kamu bisa melakukannya dari rumah hanya dengan memanfaatkan koneksi internet dan layanan chat video seperti Zoom atau Google Duo.

    Tapi, apakah kursus online hanya cocok dilakukan untuk kursus mata pelajaran atau bahasa asing saja?

    Tentu tidak!

    Kamu yang punya keahlian lain dan ingin mengajarkannya kepada orang lain pada dasarnya bisa menjualnya sebagai ide bisnis online, kok. Misalnya menyanyi, merajut, dan sebagainya.

  2. Jasa pembuatan website.
    Di era serba digital saat ini, siapa sih yang tidak membutuhkan website? Bahkan, kegunaan website saat ini semakin luas dan tak hanya terbatas untuk perusahaan besar saja. Sebab, siapa saja bisa memiliki dan mengambil keuntungan dari website, baik itu UMKM maupun individu sekalipun.

    Sebagai contoh, website bisa digunakan sebagai company profile, halaman landing page jualan bagi pelaku bisnis UMKM atau industri rumah tangga, atau portofolio bagi individu seperti fotografer, desainer, atau ilustrator.

    Oleh karena itu, bagi kamu yang punya keahlian membangun website, kamu bisa memulainya sebagai ide bisnismu sendiri, kok. Kamu juga bisa sekaligus menjadi reseller atau agen dari penyedia jasa hosting dan domain, sehingga layanan pembuatan website yang kamu rintis pun bisa tawarkan layanan lebih. Serunya lagi, kamu tentu bisa menjalankan ide bisnis yang satu ini secara online tanpa harus sewa kantor yang butuh biaya mahal!

  3. Menjadi affiliate marketer.
    Affiliate marketing adalah skema pemasaran yang legal, di mana kamu bisa mendapat uang dengan menjadi seorang affiliate marketer atau menjalin hubungan afiliasi dengan pihak pemilik produk – barang maupun jasa. Bahkan, ide peluang bisnis yang satu ini sangat mudah dirintis karena kamu bisa memulainya dengan modal yang sangat kecil, sehingga seolah-olah kamu tidak butuh modal sama sekali.

    Dalam sistem affiliate marketing, pemilik produk akan memberikan kode referral kepada masing-masing affiliate marketer.

    Nah, sebagai affiliate marketer, kamu perlu promosikan produk tersebut serta kode referral yang kamu terima.

    Apabila ada pembeli yang melakukan transaksi menggunakan kode referral dari kamu, nanti kamu akan mendapat komisi dari transaksi tersebut. Nah, besarnya komisi ini bergantung pada kesepakatan yang kamu buat dengan pemilik produk, tapi biasanya nilainya adalah persentase dari harga transaksi.

    Berminat untuk mengikuti bisnis affiliate marketing kami, kuy cek langsung disini >> Affiliate iMerspedia komisinya hingga 100%!

  4. Menjadi reseller atau dropshipper.
    Siapa bilang kamu butuh modal sampai puluhan atau malah ratusan juta untuk bisa mulai berjualan sendiri? Berkat adanya internet, kamu bahkan bisa berjualan sendiri secara online dengan modal yang jauh lebih kecil.

    Sebab, kamu tak perlu harus memiliki toko fisik sendiri, yang harga sewa atau belinya tentu luar biasa mahal.

    Nah, salah satu ide bisnis online paling populer dan masih akan terus memberikan keuntungan di tahun 2021 ini adalah jualan sebagai reseller atau dropshipper.

    Keduanya pada dasarnya sama-sama berjualan barang, tapi tanpa mengharuskan kamu untuk memproduksi barangnya sendiri. Artinya, kamu hanya perlu menjual barang yang kamu peroleh dari supplier atau malah produsennya langsung.

    Hanya saja, yang membedakan sistem resell dengan dropship adalah detail pada alur transaksinya. Kalau sebagai reseller, kamu akan perlu membeli stok barang terlebih dahulu dari supplier atau produsen langsung, kemudian menjualnya kembali (resell) di tokomu.

    Sementara itu, dalam sistem dropship, kamu bahkan bisa langsung mulai berjualan dan mendapatkan uang tanpa harus membeli stok barang terlebih dahulu. Soalnya, nanti pengiriman barang akan dilakukan oleh supplier-mu secara langsung.

    Jadi, begitu kamu sudah mendapatkan pembeli, kamu perlu meneruskan dana dari pembeli kepada supplier beserta detail pesanan– tentu saja margin keuntungannya tak perlu kamu transfer ke supplier dan bisa langsung kamu terima.

    Dengan sistem dropship, kamu hanya perlu fokus pada pemasaran dan penjualan. Karena itu, jualan sebagai dropshipper juga sering disebut sebagai peluang bisnis tanpa modal.

  5. Jual makanan.
    Kata siapa jualan makanan harus dilakukan secara offline? Kamu juga bisa berjualan makanan secara online, kok! Tentu saja, pilih produk makanan yang tahan lama dan punya masa simpan yang panjang agar makanan tidak rusak, ya!

    Nah, kalau bicara soal apa produk makanan yang cocok untuk kamu jual sebagai peluang bisnis online di tahun 2021 ini, tentu saja pilihannya sangat banyak. Misalnya makanan kemasan seperti cemilan, atau makanan kalengan. Kamu juga bisa ikuti tren dengan menjual cookies maupun kue kering lainnya dengan sistem PO, yang pemesanannya kamu layani secara online dari para pelanggan di seluruh Indonesia.

    Jualan makanan memang akan selalu jadi ide bisnis yang menguntungkan kapan saja. Sebab, siapa sih yang tidak butuh makan? Yang kamu perlukan adalah kejelian untuk membaca tren di bidang kuliner dan mental tidak takut perubahan agar kamu bisa selalu fleksibel memperkenalkan menu-menu baru yang sedang tren.
    Bagaimana Cara agar Bisnis Online Kamu Laris dan Sukses?

Yeaaah!! Akhirnya kita sampai di akhir pembahasan.

Setelah kamu mendapatkan inspirasi dari ide-ide di atas, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah merintis dan mewujudkan ide tersebut. Soalnya, baru dengan begitu kamu bisa benar-benar merasakan sendiri apakah ide bisnis online yang kamu rintis memang menjanjikan cuan.

Tentunya, setelah kamu sudah memulai bisnismu sendiri, kamu jangan langsung merasa puas. Jalanmu masih panjang, lho! Dan namanya memulai bisnis, kamu tentu ingin agar bisnismu bisa selalu laris dan sukses, sehingga akhirnya berkembang, kan?

Oleh karena itu, jangan sampai kamu lupa untuk mempromosikan bisnismu kepada orang-orang yang menjadi segmen dan target pasarmu. Kalau kamu tidak mempromosikannya, bagaimana orang-orang bisa tahu kalau kamu punya bisnis online yang bisa jadi solusi untuk kebutuhan dan keinginan mereka.

Betul?

Untungnya, kamu tak perlu jadi lulusan marketing S5 Harvard untuk bisa mempromosikan dan memasarkan bisnismu dengan baik. Soalnya, ada iMerspedia yang siap membantumu mempromosikan bisnis online secara digital agar bisnismu bisa benar-benar cuan dan untung banyak. Mulai dari buku sampai eBook, topik pemasaran media sosial sampai strategi landing page yang bikin kamu kebanjiran order, semuanya ada di iMerspedia, lho!

Apa Tanggapan Anda?

Email Anda tidak akan di publikasi. Wajib diisi *